Blitar – Uji Kompetensi Keahlian (UKK) merupakan penilaian yang diselenggarakan khusus bagi siswa SMK untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik yang setara dengan kualifikasi jenjang 2 (dua) atau 3 (tiga) pada KKNI. UKK dilaksanakan di akhir masa studi oleh Lembaga Sertifikasi Profesi atau satuan pendidikan terakreditasi bersama mitra dunia usaha/industri. Hasil UKK bagi peserta didik akan menjadi indikator ketercapaian standar kompetensi lulusan. Sedangkan bagi stakeholder hasil UKK dijadikan sumber informasi atas kompetensi yang dimiliki calon tenaga kerja.

Foto bersama peserta UKK 2023 kelas XII B1 dengan penguji dari Dunia Industri (DUDI)

UKK 2023 di jurusan DPIB sendiri dilaksanakan selama total 12 hari dengan jumlah peserta 74 siswa, dari 12 hari tersebuat dibagi kedalam 2 sesi yaitu sesi 1 dilaksanakan selama 6 hari mulai tanggal 29 Februari 2023 s.d. 4 Maret 2023 untuk jumlah pesertanya adalah 36 siswa dari kelas XII DPIB 1 kemudian sesi 2 dilakasanakan pada 6 Maret 2023 – 11 Maret 2023 dengan jumlah peserta 38 siswa dari kelas XII DPIB 2.

Foto bersama peserta UKK 2023 kelas XII B2 dengan penguji dari Dunia Industri (DUDI)

“Uji Kompetensi Kejuruan Jurusan DPIB tahun 2023 ini adalah agenda tahunan yang wajib untuk anak-anak terutama kelas XII untuk ajang menguji keterampilan dan kompetensi siswa yang telah dipelajari selama belajar di SMK Islam 1 Blitar” ujar ketua jurusan DPIB Bpk. Ade Satria, S.T pada hari pertama pelaksanaan UKK, Senin (29/02/2023)

Dengan pelaksanan UKK Mandiri 2023 jurusan DPIB mengandeng 2 mitra Dunia Usaha & Dunia Industri (DUDI) untuk menjadi penguji yaitu Bpk. Benny Surjawan, S.T dari CV. Pilarmas Blitar dan Bpk. Yusi Orizandi, S.T dari CV. Mitra Karya Mandiri selain penguji dari DUDI ada penguji internal juga yaitu Bpk. Mochammad Ade Satria, S.T selaku Ketua Jurusan.

Dokumentasi Kegiatan :

Bpk. Yusi Orizandi, S.T dan Bpk. Ade Satria, S.T mengawasi siswa dan siswa mengerjakan soal UKK 2023

 

Suasana Ujian UKK 2023 di Ruang APL 1 peserta sesi 1 kelas XII DPIB 1

 

Siswa – Siswi Jurusan DPIB mengerjakan soal UKK

 

Siswa – Siswi Jurusan DPIB mengerjakan soal UKK

 

Hari terakhir Siswa – Siswi Jurusan DPIB mengerjakan soal UKK

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x